Friday, June 19, 2020

Wisata di Penang Esplanade


Wisata di Penang Esplanade mungkin Anda baru pertama kali mendengar nama ini. Dimanakah lokasi wisata Penang Esplanade?. Penang Esplanade atau lebih di kenal dengan nama Padang Kota Lama Penang dipinggiran Kota George Town atau sekitar  sekitar 10 menit perjalanan naik Bis umum dari George Town.

Padang Kota Lama ( Penang Esplanade) berada di pinggir pantai dekat dengan pelabuhan Penang. Disekitar lokasi ini banyak sekali bangunan-bangunan tua peninggalan penjajahan Inggris. Sedangkan nama Padang Kota Lama Penang biasa disebut oleh penduduk Penang sebagai lapangan atau alun-alun.


Lalu wisata apa saja yang terdapat di Padang Kota Lama atau Penang Esplanade?. Berikut ini beberapa tempat-tempat terkenal di Penang Esplanade yang sering menjadi pusat perhatian wisatawan lokal dan Internasional.

  • Benteng pertahanan Perang ( Fort Cornwallis )
  • Bangunan bersejarah ( City Hall )
  • Menara Jam ( Clock Tower )
  • Balai pertemuan ( Town Hall )
  • Alun-alun ( Padang Kota Lama )
  • Tempat wisat kuliner

Benteng bersejarah ( Fort Cornwallis )
Fort Cornwallis adalah sebuah benteng pertahanan tentara Inggris ketika menjajah Malaysia. Benteng ini juga dilengkapi dengan berbagai Meriam. Dinding benteng yang setinggi kira-kira 3 meter lebih ini dibangun dalam formasi bintang. Jika berjalan di sekelilingnya, akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Di dalam benteng Anda masih bisa melihat beberapa struktur asli yang dibangun hampir seabad yang lampau, seperti kapel, sel penjara, daerah penyimpanan amunisi, lampu pelabuhan yang pernah digunakan untuk memberi tanda kepada kapal yang datang, tiang bendera yang asli, serta beberapa meriam perunggu tua.

tempat wisata di Penang Esplanade
Benteng pertahanan

wisata di padang kota lama penang
Fort Cornwallis


Bangunan bersejarah ( City Hall )
City Hall  merupakan bangunan yang berfungsi sebagai balai pertemuan ketika dulu. Bangunan ini di bina pada tahun 1879 yang kala itu masa Bangunan ini milik  Inggris. Walaupun usia nya sudah ratusan tahun, tapi sampai sekarang City Hall masih berdiri kokoh dengan keindahan arsitektur yang menawan.

Wisata padang kota lama di Penang
City Hall

Menara Jam ( Clock Tower )
Clock Tower atau Menara Jam ini terletak di perempatan Jalan Raya lebih yang mana lokasi ini juga dekat dengan pelabuhan Ferry penyeberangan di Penang. Menara ini dibangun pada tahun 1897 dan memiliki ketinggian kira-kira 60 kaki. Meski usia nya sudah tua, namun menara ini masih utuh berdiri tegap menghiasi kota bersejarah di Gerorge Town Penang.

wisata sejarah di Penang esplanade
Menara Jam/Clock Tower di Penang


Balai pertemuan ( Town Hall )
Town Hall merupakan bangunan tua yang ketika masa penjajahan di fungsikan sebagai balai pertemuan untuk para pejabat Inggris. Walaupun usia bangunan ini sudah ratusan tahun  namun hingga saat ini Town Hall masih berdiri kokoh ikut menghiasi kota George Town sebagai Kota warisan Dunia.


wisata kota tua di George town penang
Bangunan Town Hall Penang


Alun-alun Padang Kota Lama
Tempat ini merupakan kawasan untuk bersantai yang lokasi nya di tepi Pantai. Anda bisa datang ke tempat ini sekitar jam 5 sore untuk menghindari matahari yang panas. Lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu sore bersama keluarga. Duduk bersantai sambil memandang hamparan pantai yang luas tentunya hal ini bisa menciptakan suasana yang nyaman dan damai.

wisata sejarah di Penang esplanade


Suasana di pinggir pantai Penang Esplanade


Tempat wisata Kuliner
Tempat kuliner ini sangat terkenal dikalangan wisatawan dan penduduk lokal di Penang. Menu masakan yang sedap dan harga nya yang murah membuat kawasan food court ini dipenuhi pelanggan dimana mereka ingin merasakan aneka masakan khas asia. Kawasan food court ini berada di pinggir pantai sehingga bisa menambah suasana berbeda ketika menyantap makanan di tempat ini.


wisata sejarah di Penang esplanade
Food court di Padang Kota Lama Penang


Semua tempat-tempat tersebut diatas ini jaraknya satu sama lain bisa di tempuh hanya berjalan kaki saja karena saling berdekatan. Anda bisa berjalan menyusuri Penang Esplanade dan temukan pengalaman baru tentang wisata kota sejarah di Penang, Malaysia.  Jika Anda ingin menuju ke tempat ini bisa naik bis umum dengan nomer berapa pun saja bisa karena semua Bis umum yang ada di Penang akan melewati tempat ini.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Penang Esplanade atau Padang Kota Lama. Jika Anda ingin mengetahui berbagai tempat wisata menarik lain nya di Penang silakan klik link berikut ini tempat wisata yang menarik di Penang