Friday, June 19, 2020

Uniknya wisata di George Town Penang


unik nya  wisata di George town penang


George Town ( Baca: Jores Taon ) adalah ibu Kota Penang yang menjadi pusat pemerintahan Negeri Penang. Kota George Town memiliki banyak catatan sejarah maupun peninggalan sejarah kemerdekaan Malaysia. Di kota ini masih banyak bangunan-bangunan kuno peninggalan jajahan Inggris puluhan Tahun silam.

Unik nya bangunan-bangunan itu sampai sekarang masih berdiri kokoh dan masih di fungsikan untuk kantor pemerintah atau di jadikan Toko-Toko untuk berdagang.

George Town memiliki banyak bangunan mengagumkan dengan gaya arsitektur berbeda-beda di pengaruhi beragam etnik yang terdapat di Malaysia, seperti Melayu, Tionghoa, India, Arab, hingga Eropa.


Pemerintah Negeri Penang mampu mempertahankan dan melestarikan kebudayaan hasil dari peninggalan Sejarah yang ada di Kota George Town.

Oleh karena itulah Kota George Town Penang dinobatkan sebagai Kota warisan kebudayaan Dunia oleh organisasi yang yang mengurusi kebudayaan tingkat dunia dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) yaitu UNESCO pada Tahun 2008 silam.

Kota George Town bisa di katakan sebagai Kota tua karena disini masih banyak berdiri Bangunan-bangunan kuno. Namun begitu kota George Town tetap tersentuh oleh moderenisasi dengan gaya khas masyarakat perkotaan. Disini, banyak juga gedung-gedung pencakar langit yang tergolong masih baru di bangun.

Salah satu gedung tertinggi di Penang adalah gedung Kompleks Tun Abdul Razak atau biasa disingkat dengan nama KOMTAR. Tun Abdul Razak adalah seorang Perdana Menteri Malaysia yang ke-2 di Era tahun 70-an. Nama nya di abadikan untuk nama sebuah gedung tertinggi di Kota George Town, Penang.

Di sekitat gedung KOMTAR juga banyak berdiri pusat belanja ( Mall ) antara lain Prangin Mall, Pacific Mall, Gama Mall. Anda bisa menyusuri setiap sudut Kota George Town dengan berjalan atau bisa naik Becak dan sewa sepeda kayuh.


Ketika badan lelah dan terasa haus, Anda bisa membeli lezat nya Es Cendol Khas Penang yang di jual dipinggir-pinggir jalan Kota George Town.

Salah satu tempat jual Es Cendol Penang paling terkenal berada di Jalan Penang ( Penang Road ) sekitar 15 Menit berjalan dari Gedung KOMTAR. Lokasi nya dekat dengan Kantor Polisi dan dekat dengan Pasar Raya bernama MyDin. Jadi tidak sulit mencari lokasi tempat jual cendol khas Penang.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Penang atau ingin membeli cendera mata yang unik, antik, dan menarik dengan harga murah silahkan Anda menuju lokasi Lebuh Campbell atau Campbell Street yang lokasi nya masih disekitar Kota George Town ( KOMTAR ).

Dikawasan Campbel Street terdapat beberapa Toko-toko yang menjual Souvenir dan Jajanan khas Penang. Lokasi inilah yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan ketika mereka ingin membeli oleh-oleh khas Penang.

Umum nya para penjual di kompleks Campbell street tidak mematok harga tinggi, jadi Anda jangan menawar barang-barang disini dengan harga yang sangat rendah, ideal nya tawar menawar dalam kisaran RM 5 sampai RM 10 saja.

Sekitar kawasan kota George Town terdapat beberapa lukisan dinding di jalananan yang terkenal. Lukisan jalanan atau lebih dikenal dengan nama Mural tersebut menghiasi dinding di bangunan kuno pertokoan dan perkantoran dibeberapa sudut kota George Town.


tempat belanja murah di Komtar  Prangin mall
Prangin Mall Penang


unik nya  wisata di George town penang
Prangin Mall Penang

unik nya  wisata di George town penang
Kota tua di Penang



unik nya  wisata di George town penang
Kota tua di Penang


unik nya  wisata di George town penang
Kota tua George Town Penang

Tempat jual cendol di Komtar penang
Cendol khas Penang

lokasi jual cendol penang
Cendol khas Penang


Itulah beberapa tempat yang menarik di George Town Penang yang bisa Anda kunjungi untuk lebih mengenal tentang sejarah kota George Town Penang.


Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai tempat wisata yang unik di Penang silakan klik tautan ini Tempat wisata yang menarik di Penang Malaysia