Friday, June 19, 2020

Wisata di Jembatan atas laut Penang


Gambar jembatan terpanjang di asia tenggara


Negeri Penang, Malaysia di bagi menjadi 2 ( Dua ) bagian yaitu bagian daratan dan bagian kepulauan dimana ke-dua wilayah tersebut di pisahkan oleh laut. Wilayah Penang bagian Kepulauan sering disebut dengan nama Pulau Pinang.

Di Pulau Pinang inilah pusat Pemerintahan Negeri Penang dijalankan maka tidak mengherankan jika Pulau kecil ini pembangunan nya sangat pesat sehingga Pulau Pinang menjadi salah satu Pulau yang paling maju di Malaysia.

Di Pulau Pinang banyak berdiri gedung-gedung perkantoran baik milik Pemerintah dan swasta. Pulau Pinang juga memiliki Bandar udara Internasional. Selain itu, Rumah sakit Pemerintah dan swasta juga banyak di Pulau Pinang.

Untuk menuju Penang kepulauan dari Penang bagian darat diperlukan Kapal Ferry untuk menyeberangi Lautan. Perjalanan Kapal Ferry akan memakan waktu sekitar 30 Menit dengan kecepatan sekitar 30 Km per jam.

Sekitar Tahun 1985 Malaysia telah membangun Jembatan di atas Laut yang menghubungkan antara Penang Daratan dan Penang Kepulauan. Jembatan ini berfungsi sebagai Jalan Tol dua arah sebagai alternatif penyeberangan dari Penang daratan menuju Penang wilayah kepulauan.

Jembatan Pulau Pinang  atau Penang Bridge memiliki panjang keselurahan 13.5 Km dengan biaya pembangunan sekitar 15 Triliun Rupiah. Jembatan tersebut menghubungkan antara Bayan Lepas dibagian Pulau dan Seberang Prai dibagian daratan.

Berkat desain dan fiturnya yang khas, Jembatan Pulau Pinang dianugerahi Grand Award dari United States of America Engineering Excellence Competition  pada tahun 1986.

Setelah sukses membangun  Jembatan atas laut Pulau Pinang yang pertama, Malaysia kembali menunjukan kekuatan ekonomi nya pada Dunia dengan membangun Jembatan Pulau Pinang ke dua atau Penang second Bridge.

Jembatan megah berdiri diatas laut ini menelan biaya lebih dari 17 Triliun Rupiah. Pembangunan nya dimulai pada tahun 2008 dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 2014. Jembatan Pulau Pinang kedua memiliki panjang 23 Km yang menghubungkan bayan lepas di Penang Kepulauan dan Batu Kawan di Penang daratan.


jembatan pulau penang malaysia
Jembatan Penang yang pertama


jembatan pulau penang malaysia
Lalu lintas kendaraan diatas jembatan Penang


jembatan pulau penang malaysia
Jembatan Penang yang ke-Dua


Selain berdiri Megah diatas Laut, Jembatan Pulau Pinang juga dirancang tahan terhadap tiupan angin Topan dan tahan gempa Bumi berkekuatan 7 skala Richter. Kontruksi Jembatan Pulau Pinang juga di kontrol setiap saat untuk memastikan bahwa jembatan tersebut dalam kondisi aman. Jembatan Pulau Pinang sangat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun Internasional.

Jika Anda yang ingin melihat dari dekat kemegahan dan ingin melewati Jembatan Pulau Pinang yang terkenal ini, Anda bisa menyewa Mobil atau Taksi untuk menuju ke Jembatan ini. Perjalanan dari Penang daratan menuju Penang kepulauan akan memakan waktu sekitar 20 menit berkendara Melewati Jembatan Penang.

Jika Anda ingin mengetahui tentang wisata apa saja yang menarik di Penang silakan klik tautan berikut ini tempat wisata unik di Penang Malaysia.