Friday, June 19, 2020

Cara menuju Penang dari Kuala Lumpur


cara menuju Penang dari Kuala Lumpur


Apakah anda sedang mencari informasi mengenai cara menuju ke Penang dari Kuala Lumpur atau sebalik nya yaitu cara menuju ke Kuala lumpur dari Penang.

Rute ini bisa di tempuh dengan menggunakan jalur udara dan jalur darat, namun jika Anda memilih jalur udara tentu nya biaya yang Anda keluarkan cukup besar dibandingkan jika melalui jalur darat. Tetapi jika Anda mengejar waktu maka jalur udara perlu di prioritaskan.

Nah, jika Anda ingin hemat biaya dan tidak di kejar-kejar oleh waktu sebaik nya untuk pergi ke Kuala Lumpur dari Penang atau sebaliknya yaitu pergi ke Penang dari Kuala Lumpur lebih baik menggunakan transportasi darat. Mengapa demikian?.

Alasan nya karena lebih hemat, selain itu Anda juga bisa melihat lebih dekat gedung-gedung pencakar langit dan berbagai aktivitas keseharian masyarakat Malaysia melalui jendela kaca kendaraan umum.

Tentu nya pemandangan seperti ini tidak bisa Anda lihat kalau naik pesawat. Lalu bagaimana cara pergi ke Penang dari Kuala Lumpur menggunakan Bus/Bis?. Berikut ini penjelasan nya.

Cara menuju ke Penang dari Kuala Lumpur menggunakan Bis.
Dari Kuala Lumpur Anda harus pergi ke terminal Bus Express yaitu Terminal Bersepadu Selatan atau disingkat TBS. Terminal Bus Express TBS berada di daerah Bandar Tasik Selatan sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Carilah Bis ke Penang dengan tujuan Terminal Sungai Nibong, Penang. Harga tiket Bis Express menuju ke Penang sekitar 50 Ringgit atau setara dengan 180 Ribu Rupiah. Perjalanan dari Kuala Lumpur menuju ke Penang akan menempuh waktu sekitar 5 jam.

Jika Anda dari Bandara Internasional KLIA bisa naik Bis Kota menuju Terminal Bersepadu Selatan setelah itu harus beli tiket untuk menuju ke Penang . Di terminal TBS banyak sekali loket tiket yang menyediakan tiket Bus Express menuju ke Penang.

Bus Express jarak jauh di Malaysia semua nya di lengkapi dengan AC, bahkan Bus Kota juga jarak dekat juga di lengkapi AC. Hampir setiap jam Bus berangkat dari Kuala Lumpur menuju ke Penang.

Perlu Anda ketahui bahwa Penang mempunyai 2 (dua) wilayah yaitu bagian daratan dan wilayah bagian kepulauan atau sering disebut Pulau Pinang. Nama terminal Bus Express di Penang untuk wilyah daratan adalah Terminal Penang Central di Buterworth.

Sedangkan terminal untuk wilayah kepulauan adalah terminal Sungai Nibong. Jika tujuan Anda akan pergi ke Penang bagian wilayah kepulauan ( Pulau Pinang) Anda bisa turun di terminal Sungai Nibong.

Jika tujuan Anda ke Penang ingin berobat ke Rumah sakit seperti RS.Lam wah ee, RS Adventist, RS Island, RS Loh Guan Lye, RS Gleneagles maka dari Kuala Lumpur harus beli tiket Bis jurusan terminal Sungai Nibong di Pulau Pinang.

Namun jika Anda memilih turun di terminal Penang Central, Butterworth maka untuk menuju ke Pulau Pinang Anda harus naik Ferry untuk menyeberang. Harga tiket Ferry sebesar 1 Ringgit 20 sen atau setara dengan 4000 Ribu Rupiah per orang dewasa.

Perjalanan menaiki Ferry akan memakan waktu sekitar 20 menit. Ferry penyeberangan tersedia setiap 40 Menit, namun jika cuaca buruk bisa lebih lama.

Jika Anda dari Kuala Lumpur  dan turun di terminal Sungai Nibong, Pulau Pinang maka tidak perlu naik Ferry karena Bis Express akan melewati Jembatan Pulau Pinang yang membentang di laut menghubungkan daratan dan kepulauan.

Jembatan inilah yang menjadi simbol kemegahan dan keindahan Pulau Pinang. Jembatan Pulau Pinang juga pernah menjadi jembatan  terpanjang di Asia Tenggara beberapa tahun silam.

Setelah sampai di Pulau Pinang baik itu melewati Jembatan atau naik Ferry, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan menggunakan Bis Kota atau bisa naik Taksi. Nah itulah cara menuju ke Penang dari Kuala Lumpur.


cara menuju Penang dari KL
Terminal TBS di Kuala Lumpur


Cara menuju Penang dari Kuala Lumpur
Terminal Bersepadu Selatan Kuala Lumpur


cara menuju kuala lumpur dari Penang
Terminal Bis Rapid Penang


cara pergi ke Kuala lumpur dari penang naik bis
Ferry Penang


cara pergi ke penang naik bus dari kuala lumpur
Jembatan Penang


cara menuju penang dari kuala lumpur naik bis
Terminal Sungai Nibong Pualau Pinang


cara pergi kuala lumpur naik bus dari penang
Bis Express


Cara menuju ke Kuala Lumpur dari Penang menggunakan Bis Express. Penang ada beberapa pilihan tempat keberangkatan Bis Express menuju ke Terminal bersepadu Selatan di Kuala Lumpur. Jika posisi Anda berada di Pusat Kota Geoerge Town atau Komtar silakan Anda pergi ke terminal bis Rapid Penang di Komtar untuk membeli tiket Bis melalui Agen perjalanan atau agen resmi perusahaan Bis Express.

Disekitar termial bis Rapid Penang banyak sekali agen Bis express menuju Kuala Lumpur. Anda tinggal menunggu Bis di tempat agen penjualan tiket atau Agen resmi dari perusahaan Bis Express.

Harga tiket Bis express dari Penang menuju Kuala Lumpur sebesar 50 Ringgit atau setara dengan 180 Ringgit per orang dewasa. Perjalanan dari Penang atau Pulau Pinang menuju Kuala Lumpur akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Anda juga bisa pergi ke terminal Sungai Nibong untuk membeli tiket Bis Express menuju ke Kuala Lumpur karena di Terminal Sungai Nibong banyak pilihan jadwal keberangkatan Bis Express.

Selain itu, jika Anda membeli tiket di Terminal Bis Sungai Nibong maka Anda juga bisa memilih jenis Bis dan fasilitas nya. Perlu Anda ketahui bahwa Bis Express di Malaysia tidak ada yang memiliki Toilet didalam Bis.

Bis Express


Nah, itulah beberapa cara menuju ke Kuala Lumpur dari Penang dan cara menuju ke Penang dari Kuala Lumpur menggunakan Bis Express.

Jika Anda ingin keliling di Penang menggunakan Bis kota dan ingin mengetahui cara nya silakan membaca artikel nya melalui tautan berikut ini rute bis Rapid Penang.

Apabila Anda ingin belanja murah di Penang silakan membaca panduan nya melalui tautan berikut ini cara keliling di Kuala Lumpur dengan Bis Kota